Selasa, 20 Desember 2011

soal smp (himpunan)

52. UN-SMP-06-01
Pada sebuah acara bakti sosial, Ani mendapat tugas
membagikan 30 kg gula pasir secara merata kepada
kelompok masyarakat yang tertimpa bencana alam. Tiap
keluarga mendapat 1
2
1 kg gula pasir. Banyak kepala
keluarga yang menerima pembagian gula adalah …
A. 20
B. 30
C. 45
D. 60
53. UN-SMP-06-13
Seoramg tukang jahit mendapat pesanan menjahit kaos
untuk keperluan kampanye. Ia hanya mampu menjahit 60
potong dalam 3 hari, Bila ia bekerja selama 2 minggu,
berapa potong kaos yang dapat ia kerjakan?
A. 80 potong
B. 120 potong
C. 180 potong
D. 280 potong
54. EBTANAS-SMP-86-18
Penyederhanaan dari : 3 – (p – 1) adalah ...
A. 2 – p
B. 4 – p
C. p – 4
D. p – 2
55. EBTANAS-SMP-85-35
Penyederhanaan bentuk pecahan
2
1 1
+ −

x
y
y
x
x y
menghasilkan

A.
x − y
1
B.
y − x
1
C. x – y
D. y – x
Himpunan
01. UAN-SMP-04-08
Dari diagram panah di bawah, yang merupakan pemetaan
adalah …
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan IV
D. I dan IV
02. EBTANAS-SMP-01-08
Diketahui A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {2, 4, 6}. Diagram
panah yang merupakan relasi “faktor dari” himpunan A
ke himpunan B adalah …
A. B.
1 • • 2 1 • • 2
2 • 2 •
3 • • 4 3 • • 4
4 • 4 •
5 • • 6 5 • • 6
C. D.
1 • • 2 1 • • 2
2 • 2 •
3 • • 4 3 • • 4
4 • 4 •
5 • • 6 5 • • 6
03. EBTANAS-SMP-94-04
Diagram panah di bawah ini yang merupakan pemetaan
adalah …


I II III IV
A. gambar I
B. gambar II
C. gambar III
D. gambar IV
6
04. EBTANAS-SMP-90-31
(i) (ii) (iii) (iv)
Dari diagram-diagram di atas, menunjukkan pemetaan
adalah ...
A. (i)
B. (ii)
C. (iii)
D. (iv)
05. EBTANAS-SMP-88-01
Diagram panah-diagram panah di bawah ini adaiah
pemetaan, kecuali ...
06. EBTANAS-SMP-86-46
Diantara diagram panah di ba\yah ini yang bukan
merupakan pemetaan adalah ...
07. EBTANAS-SMP-95-04
Diagram panah yang merupakan hubungan “kurang satu
dari” dari A = {1, 2, 3} ke B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6} adalah

I. A B II. A B
•0 •0
1• •1 1• •1
•2 •2
2• •3 2• •3
•4 •4
3• •5 3• •5
•6 •6
III. A B IV. A B
•0 •0
1• •1 1• •1
•2 •2
2• •3 2•2 •3
•4 •4
3• •5 3• •5
•6 •6
A. I
B. II
C. III
D. IV
08. EBTANAS-SMP-00-08
a • • d a • • d a • • 1 a • • 1
b • • e b • • e b • • 2 b • • 2
c • • f c • • f c • • 3 c • • 3
Diagram panah di atas yang merupakan pemetaan adalah

A. I dan II
B. I dan III
C. II dan IV
D. II dan III
09. EBTANAS-SMP-89-19
Diagram panah disamping
adalah pemetaan dari A dan B
yang aturannya ...
A. "bilangan prima dari"
B. "satu lebihnya dari"
C. "satu kurangnya dari
D. "faktor dari"
10. EBTANAS-SMP-95-15
Yang merupakan daerah •1
hasil pada diagram panah 2• •2
di samping adalah … 3• •3
A. {2, 3, 4, 5} 4• •4
B. {1, 3, 5, 7} 5• •5
C. {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} •6
D. {2, 3, 4, 5, 6} •7
7
11. EBTANAS-SMP-86-12
Pada diagram di samping
A' = ...
A. {5}
B. {5, 6, 7}
C. {1, 2, 5}
D. {1, 2, 5, 6, 7}
12. EBTANAS-SMP-96-02
Dari diagram Venn di bawah, komplemen ( P ∩ Q )
adalah …
S
Q P
12 14 11
19 13
18 15 17
16
A. {15}
B. {14, 15}
C. {11, 12, 13, 17, 18, 19}
D. {11, 12, 13, 16, 17, 18, 19}
13. EBTANAS-SMP-93-01
Ditentukan A = {v, o, k, a, l} ; B = {a, i, u, e, o}
Diagram yang menyatakan hal tersebut di atas adalah …
A. B.
v o u v o i
a k u
k l I l a e
C. D.
v o u v o u
a k a
k l e l i e
14. EBTANAS-SMP-00-02
Diketahui S = {bilangan bulat }
P = {bilangan prima}
Q = {bilangan prima}
Diagram Venn yang menyatakan hubungan antar
himpunan di atas adalah …
A. B
S
7 9 P 5 7 P
5 11 3 11
3 2 2
Q Q
C. D.
S
5 7 P 5 7 P
3 11 3
1 2 2
Q Q
15. EBTANAS-SMP-92-01
Diketahui: A = {m, a, d, i, u, n} dan B = {m, a, n, a, d, o}
Diagram Venn dari kedua himpunan di atas adalah …
A. B.
m
a d o a m o
i e e I d
u a a u n e
C. D.
m
i d o m i d
a u n
u n n a e o
16. EBTANAS-SMP-91-05
Diketahui: A = {bilangan cacah ganjil}
B = {bilangan cacah genap}
Diagram Venn yang menyatakan hubungan kedua
himpunan tersebut adalah ....
A. C.
B. D.
17. UN-SMP-05-01
Diketahui himpunan
A = {b, u, n, d, a}
B = {i, b, u, n, d, a}
C = {lima bilangan asli yang pertama}
D = {bilangan cacah kurang dari 6}
Pasangan himpunan yang ekivalen adalah …
A. A dengan B saja
B. C dengan D saja
C. A dengan B dan C dengan D
D. A dengan C dan B dengan D
8
18. UN-SMP-06-08
Perhatikan relasi berikut!
(i) {(1,a), (2, a), (3, a), (4,a)}
(ii) {(2, b), (3, c), (4, d), (2, e)}
(iii) {(3, 6), (4, 6), (5, 10), (3, 12)}
(iv) {(1, 5), (3, 7), (5, 9(, (3, 11)}
Relasi di atas yang merupakan pemetaan adalah …
A. (i)
B. (ii)
C. (iii)
D. (iv)
19. EBTANAS-SMP-01-03
Jika P = {bilangan prima yang kurang dari 20}
Q = {bilangan kelipatan 3 yang kurang dari 20}
Maka irisan P dan Q adalah …
A. {3}
B. {3, 15}
C. {1, 3, 15}
D. {1, 2, 3, 9, 15}
20. UAN-SMP-02-01
Notasi pembentukan himpunan dari B = {1, 4, 9} adalah

A. B = { x | x ∈ kuadrat tiga bilangan asli yang
pertama}
B. B = { x | x ∈ bilangan tersusun yang kurang dari 10}
C. B = { x | x ∈ kelipatan bilangan 2 dan 3 yang
pertama}
D. B = { x | x ∈ faktor dari bilangan 36 yang kurang dari
10}
21. EBTANAS-SMP-98-01
Ditentukan : A = {p, e, n, s, i, l}|
B = { l, e, m, a, r, i}
C = {m, e, j, a}
D = {b, a, n, g, k, u}
E = {t, a, h, u}
Di antara himpunan-himpunan di atas yang saling lepas
adalah …
A. B dan C
B. A dan E
C. D dan E
D. B dan D
22. EBTANAS-SMP-99-01
Ditentukan A = {2, 3, 5, 7, 8, 11}
Himpunan semesta yang mungkin adalah …
A. {bilangan ganjil yang kurang dari 12}
B. {bilangan asli yang kurang dari 12}
C. {bilangan prima yang kurang dari 12}
D. {bilangan cacah antara 2 dan 11}
23. EBTANAS-SMP-00-01
P adalah himpunan bilangan prima antara 9 dan 19.
Banyak himpunan bagian dari P adalah …
A. 9
B. 8
C. 7
D. 6
24. EBTANAS-SMP-96-01
Diketahui himpunan P = {bilangan prima kurang dari
13}. Banyak himpunan bagian dari P adalah …
A. 5
B. 10
C. 25
D. 32
25. EBTANAS-SMP-88-03
Banyaknya himpunan bagian dari {a, b} adalah ...
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
26. EBTANAS-SMP-91-10
Banyaknya himpunan bagian dari:
A = {x | x < 5, x bilangan asli} adalah ... A. 4 B. 8 C. 16 D. 25 27. EBTANAS-SMP-92-09 Jika K = {b, u, n, g, a}, maka banyaknya himpunan bagian dari K yang mempunyai 4 anggota ada … A. 4 B. 5 C. 6 D. 10 28. EBTANAS-SMP-99-09 Ditentukan : A = {a, b, c} B = { x | 1 ≤ x < 4 ; x bilangan bulat} Banyak korespondensi satu-satu yang mungkin dari himpunan A ke B adalah … A. 3 B. 6 C. 8 D. 9 29. EBTANAS-SMP-98-08 Banyaknya korespondensi satu-satu dari himpunan P = {k, e, j, u} ke Q = {r, o, t, i} adalah … A. 4 B. 8 C. 16 D. 24 9 30. UAN-SMP-02-09 Diketahui P = {p, q} dan Q = {r, s, t, u}. Himpunan pasangan berurutan di bawah ini yang merupakan pemetaan dari P ke Q adalah … A. { (p, u), (q, u) } B. { (p, r), (p, s), (q, t), (q, u) } C. { (p, q), (q, r), (r, s), (s, t), (t, u) } D. { (p, r), (p, s), (p, t), (q, u), (q, f) } 31. EBTANAS-SMP-00-09 Himpunan pasangan berurutan berikut yang merupakan korespondensi satu-satu adalah … A. { (a, 1), (b, 1), (c, 1), (d, 1), (e, 1) } B. { (a, 1), (a, 2), (a, 3), (a, 4), (a, 5) } C. { (a, 5), (b, 4), (c, 3), (d, 2), (e, 1) } D. { (a, 1), (b, 2), (c, 3), (d, 4), (e, 5) } 32. EBTANAS-SMP-86-51 Diantara himpunan pasangan berurutan berikut yang merupakan fungsi ialah ... A. {(a,b), (a, c), (b, c), (c, d)} B. {(b, a), (b, b), (c, a), (d, a) C. {(p, q), (x, y), (p, r), (y, z) D. {(p, q), (x, y), (y, x), (q, p)} 33. EBTANAS-SMP-92-32 Ditentukan: I. { (2, 1), (3, 2), (4, 5), (4, 6) } II { (a, 1), (b, 2), (c, 3), (d, 4) } III { (2, a), (3, b), (4, c), (4, d) } IV { (1, 1), (2, 4), (3, 9), (4, 16) } Himpunan pasangan berurutan di atas yang merupakan fungsi adalah … A. I dan III B. I dan II C. II dan III D. II dan IV 34. EBTANAS-SMP-92-14 Ditentukan A = {0, 2, 4} dan B = {1, 2, 3} Jika relasi dari A ke B “lebih dari” maka himpunan pasangan berurutan … A. { (2, 1), (4, 1), (4, 2), (4, 3) } B. { (1, 0), (2, 0), (3, 0), (4, 0) } C. { (2, 1), (4, 1), (4, 3), (2, 3) } D. { (2, 1), (2, 2), (4, 1), (4, 3) } 35. EBTANAS-SMP-91-14 Himpunan pasangan berurutan dari A × B, jika A = {2, 3} dan B = {a, b, c} adalah ... A. {(2, a), (2, b), (c, 2), (3, a), (3, b), (3, c)} B. {(2, a), (2, b), (2, c), (3, a), (3, b), (c, 3)} C. {(2, a), (2, b). (2, c), (3, a), (b, 3), (3, c)} D. {(2, a), (2, b), (2, c), (3, a), (3, b), (3, c)} 36. EBTANAS-SMP-93-05 Jika A = {p, m} dan B = {5, 7, 8}. Maka himpunan pasangan berurutan dari A × B adalah … A. { (5, p), (5, m), (7, 8), (7, m), (8, p), (8, m) } B. { (p, 5), (m, 5), (p, 7), (m, 7), (p, 8), (m, 8) } C. { (5, p), (7, p), (8, p), (m, 5), (m, 7), (m, 8) } D. { (m, 5), (m, 7), (m, 8), (5, p), (7, p), (8, p) } 37. EBTANAS-SMP-85-25 Diketahui M = {m, e, r, a, h}, B = {b, i, r, u}, K = {k, e, l, a, b, u}, Yang H = (h, i, j, a, u } dan P = {p, e, 1, a, n, g, i} yang dapat dibentuk perkawanan satu-satu adalah ... A. M dan B B. M dan K C. M dan H D. M dan P 38. EBTANAS-SMP-96-08 Diketahui himpunan pasangan berurutan: P = { (0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3) } Q = { (1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4) } R = { (1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5) } S = { (5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2) } Dari himpunan pasangan berurutan tersebut di atas yang merupakan pemetaan adalah … A. P dan Q B. P dan R C. Q dan R D. R dan S 39. EBTANAS-SMP-91-15 Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A = {a, b, c} ke himpunan B = {1, 2} adalah ... A. 3 B. 5 C. 8 D. 9 40. EBTANAS-SMP-97-12 Diketahui A ={1, 2} dan B ={3, 4, 7}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A ke B adalah … A. 9 B. 8 C. 6 D. 5 41. EBTANAS-SMP-95-02 Jika A = {a, b, c, d, e} maka banyak himpunan bagian dari A adalah … A. 128 B. 64 C. 32 D. 12 10 42. EBTANAS-SMP-95-06 Himpunan kelipatan persekutuan dari 3 dan 6 yang kurang dari 30 adalah … A. {0, 6, 18, 24} B. {0, 6, 18, 24, 28} C. {0, 6, 12, 24} D. {0, 6, 12, 18, 24} 43. EBTANAS-SMP-89-13 S = {bilangan asli kurang dari 10}, A = {2, 4, 6, 8}. Komplemen A dalam semesta S adalah ... A. {1, 3, 5,7 , 9, 10} B. {1, 3, 5, 7, 9} C. {1, 3, 5, 8, 9} D. {1, 3, 5, 6, 10} 44. EBTANAS-SMP-90-09 Diketahui : S = {bilangan cacah kurang dari 10} A = {x | 2 ≤ x ≤ 6, x ∈ S}. Komplemen dari A adalah ... A. {0, 1, 8, 9, 10} B. {0, 1, 2, 6, 7, 8, 9} C. {0, 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10} D. {0, 1, 7, 8, 9} 45. EBTANAS-SMP-91-11 Ditentukan: S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} A = {2,5}. B = {3, 5, 6} Maka komplemen dari A ∪ B adalah ... A. {1, 4} B. {4, 7} C. {1, 4, 6} D. {1, 4, 7} 46. EBTANAS-SMP-95-03 Jika P = {1, 2, 3, 4}, Q = {3, 4, 5, 6} dan R = {4, 5, 6, 7} maka P ∩ Q ∩ R adalah … A. ∅ B. {4} C. {3, 4} D. {4, 5, 6} 47. EBTANAS-SMP-96-36 Diketahui himpunan : A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} B = {faktor dari 12} C = {bilangan prima ≤ 11} D = {bilangan asli ≤ 14} Ditanyakan himpunan dari : a. A ∩ B b. A ∪ B c. (B ∩ C)’ d. A ∩ B ∩C 48. EBTANAS-SMP-92-02 Jika P = bilangan prima yang kurang dari 18 Q = bilangan ganjil antara 3 dan 13 Maka semua anggota himpunan P ∩ Q adalah … A. {5, 7, 11} B. {5, 7, 13} C. {3, 5, 7, 11} D. {5, 7, 11, 13} 49. EBTANAS-SMP-92-10 Ditentukan : S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, A = {3, 4, 5} dan B = {4, 5, 6, 7}. Komplemen dari A ∪ B adalah … A. {1, 2, 3, 6, 7, 8} B. {3, 4, 5, 6, 7} C. {2, 3, 6, 7} D. {1, 2, 8} 50. EBTANAS–SMP–87–18 Bila S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} A= {1, 2, 3, 4} B = {3, 4, 5} C={5} maka A ∩ B ∩ C = ... A. {1, 2, 3, 4, 5} B. {3, 4, 5} C. {5} D. { } 51. EBTANAS-SMP-88-18 Jika P' adalah komplemen dari himpunan P, maka pernyataan di bawah ini yang benar adalah ... A. P' ∩ S = P' B. P' ∩ P = S C. (P') ' = S D. P' ∪ S = ∅ 52. EBTANAS-SMP-85-01 Jika A = {2, 5, 8, 11, 14}, B = {2, 3, 5, 7, 11, 13} dengan himpunan semesta C = (c | c bilangan cacah ≤ 15}, maka himpunan {0. 1, 4, 6, 9, 10, 12, 15} = ... A. A' B. B' C. (A ∪ B)' D. (A' ∪B') 53. EBTANAS-SMP-93-02 Jika A himpunan bilangan prima lebih atau sama dengan 11 dan B adalah himpunan bilangan faktor-faktor dari 220, maka A ∩ B adalah … A. {2, 5, 11} B. {2, 3, 4, 11} C. {2, 5, 10, 11} D. {2, 4, 5, 10, 11} 54. EBTANAS-SMP-94-01 Diantara himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong adalah … A. {bilangan cacah antara 19 dan 20} B. {bilangan genap yang habis dibagi bilangan ganjil} C. {bilangan kelipatan 3 yang bukan kelipatan 6} D. {bilangan prima yang genap} 11 55. EBTANAS-SMP-94-03 Diketahui : S = {a, b, c, d, e, f, g, h} , A = {a, b, c}, B = {c, d, e}. Maka komplemen (A ∪ B) adalah … A. {f, g, h} B. {a, b, d, e} C. {a, b, c, d, e} D. {a. b, c, d, e, f, g, h} 56. EBTANAS-SMP-91-02 Jika : S = {bilangan qacah} P = {bilangan asli ganjil} Q = {bilangan prima > 2)
Maka P ∩ Q adalah ..
A. P
B. Q
C. ∅
D. S
57. EBTANAS-SMP-91-07
Koordinat-koordinat titik sudut segitiga ABC, masingmasing
adalah A (1, 2), B (7, 2) dan C (1, 6). Maka luas
daerahnya dalam satuan luas adalah ...
A. 12
B. 14
C. 21
D. 24
58. EBTANAS-SMP-91-09
Ditentukan pasangan himpunan-pasangan himpunan:
(i) A= {bilangan cacah < 4}, B = {a, b, c}
(ii) C = {t, i, g, a}
(iii) E = {bilangan prima < 7}, F = {x | 1 < x < 4, x
bilangan cacah}
(iv) G = {0}, H = ∅
Pasangan himpunan yang ekivalen adalah ...
A. (i)
B. (ii)
C. (iii)
D. (iv)
59. EBTANAS-SMP-89-16
Di antara kalimat-kalimat dibawah ini yang merupakan
kalimat terbuka adalah ...
A. 2a – 3 = 2(a + 2) – 7
B. 2a – 3 = a
C.
3
1 a + 2 = (a + 2) – 3
2 a
D. 5a + 2 = 2
1 (10a + 4)
60. EBTANAS-SMP-85-17
Jika A = {a | 2a + 1, a bilangan asli, a ≤ 8} dan
P = {p | p bilangan prima, p < 20}, maka pernyataan yang
tidak benar adalah ...
A. n (A ∪ P) = 10
B. n (A) – n (P) ≠ 0
C. n (A ∩ P) = 6
D. n (A) + n (P) = 16
61. EBTANAS–SMP–87–07
n ( A) = 24, n (B) = 25 dan n (A ∪ B) = 49 maka
n (A ∩ B) adalah ...
A. ∅
B. 0
C. 49
D. {49}
62. EBTANAS-SMP-85-03
Dari dua himpunan A dan B yang semestanya S,
diketahui n (A) = 32, n (B) = 38, n (A ∪ B) = 63.
Jika n {S) = 75, maka n (A ∩ B)' = ...
A. 43
B. 7
C. 12
D. 68
63. EBTANAS-SMP-98-04
Dalam suatu kelas terdapat 46 siswa, ada 33 siswa
senang pelajaran matematika, 27 siswa senang bahasa
Inggris dan 12 siswa yang tidak senang pelajaran
matematika atau bahasa Inggris. Banyaknya siswa yang
senang pelajaran Matematika dan bahasa Inggris adalah

A. 7 siswa
B. 11 siswa
C. 26 siswa
D. 18 siswa
64. EBTANAS-SMP-98-17
Dari 50 siswa terdapat 30 orang gemar lagu-lagu pop, 25
orang gemar lagu-lagu dangdut dan 6 orang yang tidak
gemar lagu pop maupun dangdut. Bila dipanggil satusatu
secara acak sebanyak 100 kali, maka harapan
terpanggilnya kelompok siswa yang hanya gemar lagulagu
dangdut adalah …
A. 15 kali
B. 25 kali
C. 30 kali
D. 50 kali
65. EBTANAS-SMP-98-36
Suatu kelas terdiri 48 anak, terdapat 20 anak mengikuti
kegiatan ekstra kurikuler kesenian, 25 anak mengikuti
kegiatan ekstra olah raga, 12 anak mengikuti ekstra
pramuka, 10 anak mengikuti kegiatan ekstra kesenian
dan pramuka, 5 anak mengikuti kegiatan ekstra kesenian
dan olah raga, 5 anak mengikuti ekstra olah raga dan
pramuka dan 4 anak mengikuti ketiga kegiatan tersebut.
Dengan memisalkan kesenian = K, olah raga = O dan
pramuka = P, tentukanlah:
a. Gambar diagram Vennnya
b. Banyak siswa yang ikut kegiatan ekstra.
c. Banyaknya siswa yang tidak ikut kegiatan ekstra
12
66. UAN-SMP-03-02
Penduduk suatu perkampungan diketahui ada 182 jiwa
berusia kurang dari 40 tahun, 128 jiwa berusia lebih dari
20 tahun, sedangkan 85 jiwa berusia diantara 20 dan 40
tahun. Banyak penduduk di perkampungan itu adalah …
A. 395 jiwa
B. 200 jiwa
C. 225 jiwa
D. 185 jiwa
67. EBTANAS-SMP-99-03
Dari sejumlah siswa diketahui 25 siswa gemar Matematika,
21 siswa gemar Bahasa Inggris dan 9 siswa gemar
keduanya. Jumlah siswa pada kelompok itu adalah …
A. 37 orang
B. 42 orang
C. 46 orang
D. 55 orang
68. UAN-SMP-04-01
Sekelompok siswa terdiri dari 20 orang, yang gemar
berenang 9 orang, gemar sepak bola 10 orang dan yang
tidak gemar keduanya 6 orang. Siswa yang gemar keduanya
adalah … orang.
A. 10
B. 6
C. 5
D. 4
69. UAN-SMP-02-04
Dari 44 siswa dalam kelas, terdapat 30 siswa gemar
pelajaran matematika dan 26 siswa gemar Fisika. Jika 3
siswa tidak gemar kedua pelajaran tersebut, maka
banyaknya siswa yang gemar kedua pelajaran itu adalah

A. 12 siswa
B. 15 siswa
C. 18 siswa
D. 22 siswa
70. UAN-SMP-03-01
Dari 42 kelas IA, 24 siswa mengikuti ekstra kurikuler
pramuka, 17 siswa mengikuti ekstra kurikuler PMR dan
8 siswa tidak mengikuti kedua ekstra kurikuler. Banyak
siswa yang mengikuti kedua kegiatan ekstra kurikuler
adalah …
A. 6 orang
B. 7 orang
C. 9 orang
D. 16 orang
71. EBTANAS-SMP-95-38
Dari 42 siswa, 12 siswa menyukai atletik, 20 siswa
menyukai senam dan 8 siswa menyukai kedua-duanya.
a. Tunjukkan pernyataan di atas dengan diagram Venn
b. Tentukan banyaknya siswa yang tidak menyukai
atletik maupun senam
72. UN-SMP-06-02
Pada acara pendataan terhadap kegemaran jenis musik
diperoleh data bahwa di kelas III, 15 orang gemar musik
pop dan 20 orang gemar musik klasik. Bila 5 orang
gemar musik pop dan klasik serta 10 orang tidak gemar
musik pop maupun musik klasik, banyaknya siswa kelas
III adalah …
A. 45 orang
B. 40 orang
C. 35 orang
D. 30 orang
73. EBTANAS–SMP–87–41
Dari 20 orang siswa kelas III SMP terdapat 8 orang
gemar matematika, 12 orang gemar bahasa, dan 3 orang
gemar keduanya.
Pernyataan-pernyataan di bawah mi yang benar adalah ...
A. siswa yang tidak gemar keduanya 4 orang
B. siswa yang gemar matematika saja 6 orang
C. siswa yang gemar bahasa saja 9 orang
D. siswa yang tidak gemar bahasa 7 orang
74. EBTANAS-SMP-89-14
Dalam suatu kelas yang jumlah siswanya 48 orang, 20
orang gemar Matematika, 23 orang gemar IPA, orang
tidak gemar Matematika maupun IPA. Maka banyak
siswa yang gemar Matematika dan IPA adalah ...
A. 12
B. 15
C. 17
D. 20
75. EBTANAS-SMP-88-27
Semua siswa dalam suatu kelas gemar Matematika atau
IPA. Jika 20 anak gemar Matematika, 30 anak gemar
IPA dan 10 orang anak gemar kedua-duanya, maka
jumlah anak-anak dalam kelas itu adalah ...
A. 10 anak
B. 40 anak
C. 50 anak
D. 60 anak
76. EBTANAS-SMP-88-34
Di dalam suatu kelas terdiri dari 48 orang, siswa yang
gemar Matematika 29 orang, sedangkan yang gemar
Bahasa 27 orang. Jika ada 6 orang yang tidak gemar
Matematika maupun Bahasa, maka banyaknya siswa
yang gemar Matematika dan Bahasa adalah ...
A. 12
B. 13
C. 14
D. 15

Tidak ada komentar: